Arti Petualang itu…?

Apa arti petualang menurutku? Apa arti dari berpetualang sebenarnya?

Kita semua adalah petualang kehidupan, bukan? Hanya saja terkadang kita senang berada di dalam zona yang menurut kita aman. Secara tidak langsung kita membatasi diri kita dari pengetahuan di luaran sana.

Petualang itu bebas dan mereka adalah orang-orang yang berani menaklukkan batasan di dalam diri mereka. Pengetahuan yang mereka dapat tentang kehidupan terkadang lebih banyak ketimbang mereka yang betah di zona yang katanya aman itu.

Memang tidak semua pengetahuan itu baik, karena itu kita harus ingat bahwa dasar dari segala pengetahuan itu adalah kedekatan dengan Sang Pencipta. (Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan).

Menjadi petualang kadang tidak berarti harus liburan, walaupun sebagian besar orang ketika liburan mereka berpetualang. Petualang itu mereka yang belajar dari kehidupan sekitarnya, melihat sesuatu hal itu apakah baik dan bermanfaat untuk lingkungan sekitarnya ataupun tidak.

Kalau ditanya kapan saya memutuskan diri menjadi petualang, jawabnya mungkin sejak saya berada di dunia ini dan mulai mengenal lingkungan sekitar, rasa penasaran untuk menjelajah selalu ada, tujuannya hanya satu, mengumpulkan pengetahuan dan mempelajarinya. Menjadi traveler, itu lain lagi ceritanya.

Yeah, I’m just a knowledges collector, and I learned from it.

Saya merasa miris, kadang-kadang, melihat mereka yang katanya petualang, traveler, tetapi ternyata tidak menunjukkan etika sebagai traveler yang baik. Mereka yang katanya berpetualang tetapi tujuannya hanya untuk kesenangan, akan berbeda dengan mereka yang berpetualang untuk mengumpulkan pengetahuan, belajar dari pengetahuan itu, dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Saya menjadi traveler (bedakan dengan petualang), sebenarnya bermula dari rasa muak. Pertama, muak terhadap orang-orang yang bisa menjelajah, dan menikmati alam/tempat wisata dengan biaya yang sebenarnya tidak murah, tapi mereka bisa dengan mudah menikmatinya, Kedua, muak terhadap keadaan yang stuck dan keinginan untuk refreshing yang lagi-lagi terhalangi oleh keterbatasan biaya dan waktu.

Keinginan itupun perlahan berubah seiring waktu, ketika saya memahami bahwa menjelajah tidak sesimple datang, foto-foto eksis dan hangout. Saya mulai bersyukur ketika saya mengenal konsep trip minimalis (Backpacking, Hitch-hiking, Share-cost dsb) melihat banyak orang yang sebenarnya bisa trip tetapi harus merogoh kocek mahal hanya untuk bermewah-mewah tapi pada akhirnya tidak menemukan esensi dari sebuah penjelajahan, petualangan. Hanya satu kata yang bisa saya dapat ketika mereka kembali dari liburan mereka: Tepar, Teler, Ngantuk, Busau (Mabok).

Sejak saat itu saya mulai berpikir, dan saya menyadari selama ini penjelajahan saya tidak sia-sia. Walaupun sebagian besar dilakukan secara solo (sendirian), saya merasakan suasana yang berbeda, pikiran jauh lebih tenang, lebih damai, lebih bebas. Dan yang lebih enak, kita tidak perlu cemas dengan jadwal-jadwal perjalanan berikutnya karena semuanya yang kita atur sendiri. Dan yang lebih seru lagi, kita bisa lebih mengenal wilayah yang ada disekitaran kita tanpa harus jauh-jauh ke tempat lain. Saya selalu memulai trip dari yang ringan (terdekat) hingga yang berat (terjauh), tetapi itu tergantung rute yang ditempuh.

Apapun itu yang saya dapat dari penjelajahan saya, mengenai arti Petualang dan Traveler sebenarnya, Petualang itu sejatinya tidak mencari kesenangan, terkadang Petualang (seperti saya) justru berpetualang untuk mencari suasana baru, bahkan menjauh dari hiruk pikuk kota dan kejamnya dunia yang dirancang manusia (hehe). Lebih tepatnya, saya ingin menemukan kembali ciptaan Tuhan itu, dunia yang sebenarnya, yaitu Alam.

Orang yang berpetualang untuk mencari makna kehidupan akan berbeda dengan orang yang berpetualang untuk kesenangan dirinya sendiri.

Tetaplah menjadi petualang kehidupan, walaupun mungkin masih berada di zona aman, tetap mencoba untuk melampaui batasan itu… Sekalipun menurut kita itu mustahil. Banyak hal yang kita dapat ketika berpetualang. Hal yang hanya kita lihat di layar komputer atau televisi tidak akan menunjukkan realita yang sebenarnya di lapangan.

Go explore the world! Ingat, nenek moyang kita juga petualang 🙂


Tinggalkan komentar